HomeEBOOKS AM*EBOOKS LS*EBOOKS ED*EBOOKS LG*EBOOKS GN**ARTICLES**JADWAL KULIAH.2011/2012**VIDEO WordLinx - Get Paid To Click free counters

Minggu, 28 Agustus 2011

KONTAK BAHASA


A. KONSEP
Kontak bahasa terjadi apabila seorang penutur yang menguasai 2 bahasa atau lebih menggunakan bahasa yang dikuasainya secara bergantian.Kontak bahasa terjadi dalam diri individual.Individu tempat terjadi kontak bahas disebut dwibahasawan Atau bilingualisasi.
Ahli bahasa jarang sekali dapat mengamati atau membuat dokumen munculnya suatu bahasa, atau bahkan untuk menentukan waktu yang tepat atas munculnya suatu bahasa. Bahasa ditransmisikan dari satu generasi ke generasi dan bahkan fase lain dalam sejarah satu buah bahasa, apalagi melanggar jauh dari varietas untuk membentuk idiom baru, adalah hasil akumulasi bertahap dari perubahan selama beberapa generasi. Pengecualian adalah bahasa yang muncul sebagai akibat dari kontak bahasa. bahasa tersebut telah disebut 'sebagai kontak' bahasa (lihat Thomason 1997c dan 1997e, Sebba 1997, Bruyn 1996).
Definisi kontak bahasa yakni “language contact is the use of more than one language in the same place at the same time.” Dapat diartikan sebagai berikut “kontak bahasa adalah penggunaan lebih dari satu bahasa ditempat yang sama dan pada waktu yang sama” (Sarah G.Thomson 2001: 2).Kontak bahasa juga pengaruh bahasa yang satu dengan bahasa yang lain baik secara langsung maupun tidak langsung.dalam masyarakat terbuka yang anggotanya dapat menerima kedatangan anggota dari masyarakat lain atau lebih dari satu masyrakat maka akan terjadi kontak bahasa.Seseorang dwibahasawan sangat mungkin terjadinya interperensi dalam antara kontak bahasa,sehingga kontak bahasa dan kdwibahasawan sangat erat hubungannya.kontak bahasa terjadi dalam situasi konteks sosial,sehingga kontak bahasa merupakan pengaruh satu bahasa kepada bahasa lain baik secara langsung atau tidak langsung.
Contoh:
“Dua orang turis berada dalam sebuah ruang dapur,mereka berada 2/3 jam
tentu mereka akan mengatakan sesuatu atau berbicara satu sama
lain,upaya mereka tersebut menarik meraka berada dalam sebuah kontak
bahasa.”
Kontak bahasa sudah terjadi selama ribuan tahun yang lalu,bahkan mungkin sejak awal manusia,dibuktikan dengan banyaknnya beberapa peninggalan baik berupa prastasti zaman dulu.Kontak bahasa bisa terjadi dimana saja,Mungkin sesuatu yang aneh apabila kita menemukan penutur bahasa yng sukses menghindari kontak bahasa dengan semua bahasa lain dalam periode tertentu atau dalam kurun waktu yang lama.
Hasil yang paling umum dari kontak bahasa adalah adannya beberapa perubahan atau seluruh bahasa walaupun tidak selalu,setidaknya salah satu bahasa mempengaruhi bahasa yang lain.Pengaruh secara umum misalnya peminjaman kata-kata.Tentunya peminjaman kata tidak bisa terjadi tanpa adanya kontak bahasa.Tidak semua situasi kontak memunculkan bahasa baru, dan tidak semua bahasa yang digunakan dalam situasi kontak juga kontak bahasa.
Kontak bahasa berfungsinya sebagai media komunikasi baru, kebutuhan yang timbul dalam situasi interaksi berbahasa silang antara kelompok-kelompok penduduk di berbagai daerah.Minimal mulai dari kontak sosial dan kadang-kadang hanya untuk tujuan perdagangan, pada komunikasi antaretnis biasa dalam kerangka sosio-ekonomi yang sama, dan pada kontak sosial yang ketat di antara kelompok-kelompok yang berbicara bahasa yang berbeda dalam komunitas yang sama dan bahkan di dalam rumah yang sama. Ada 2 tipe kontak bahasa yakni:Bahasa Pidgin dan Creole dan Bahasa Campuran
BY CRN & SDH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar